THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Wednesday 24 September 2014

Classcraft, masa depan pembelajaran dalam kelas?

Sempat dibagikan sebuah tautan oleh teman, mengenai classcraft, sebuah aplikasi berbasis mmorpg untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas. Jika ingin tahu mengenai classcraft lebih lanjut silakan google "classcraft".

Saya membaca tentang classcraft ini, lalu mengangguk-angguk kecil. Iya, sepertinya seru. Sangat seru. Saya sendiri sangat antusias membayangkan saya belajar dalam kelas yang berbasis mmorpg seperti itu. Tapi kemudian saya melihat iOS. Yap. aplikasi classcraft ini hanya berbasis iOS.
Saya mengirim pesan pada teman saya, "saya bakal bikin proposal dengan judul pengadaan sarana sekolah berbasis iOS untuk pengajaran berbasis mmorpg haha"
tentu saja, itu cuma bercanda. Kebetulan, saya mengajar di sekolah swasta yang sumber dana utamanya adalah siswa, jika saya mengajukan proposal macam itu, saya yakin dan percaya sebulan kemudian saya dapat SP.

Ketika saya ngobrol dengan teman lain, dia dengan entengnya bilang. "Kan lu bisa koding? kenapa kagak bikin aja game sejenis yang basisnya android apa windows gitu.."
Saya akhirnya cuma jadi senyum kecut. emangnya bikin kue nastar apa? kalo bikin software kayak bikin kue nastar, tentu saja perusahaan software ga akan bisa seadidaya sekarang.

Lagipula, setelah saya memeriksa pasar game di Indonesia, rpg dan sejenisnya itu masih kurang diminati. Segerombolan peminat rpg biasa dikelompokkan pada kelompok sosial 'anak cupu'. yah... sekarang sih, sekedar opini saya, sejenis classcraft ini masih sulit di Indonesia ini.
1. kendala sarana
2. kendala SDM.

hehhe... just my opinion. :D

0 comments: